Kenali Bottleneck Sebelum Merakit Sebuah Komputer

Dalam dunia komputer, seringkali banyak orang yang ingin merakit atau membangun sebuah komputer selalu bertanya tentang kesesuaian antar part satu dan part yang lain. Dalam hal ini orang-orang biasa menyebutnya dengan Bottleneck. Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul biasanya adalah, "Gan saya mau rakit dengan spek begini kira-kira bottleneck atau nggak ?". Itulah pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang.

Apa itu sebenarnya Bottleneck ? dan apa penyebabnya ?. Bottleneck dalam komputer adalah ketidakmampuan mengimbangi kecepatan suatu part atau hardware pada PC yang memnyebabkan kinerja PC menjadi lambat dan tidak optimal. Hal ini banyak terjadi jika kita tidak memperhatikan hardware-hardware apa saja yang akan kita gunakan sebelum merakit sebuah komputer.

Penyebab bottleneck sangat beragam tergantung bagaimana kita memilih hardware pada komputer kita. Bottleneck biasanya disebabkan antara kecepatan CPU yang tidak dapat mengimbangi kecepatan VGA dalam proses. Bisa saja sebaliknya. RAM dan Motherboard juga menjadi penyebab bottleneck terjadi. Bottleneck biasanya ditandai dengan performa komputer yang dihasilkan tidak maksimal seperti FPS rendah atau sering terjadi shuttering.


Jadi, kenalilah hardware apa saja yang akan kita gunakan untuk merakit sebuah komputer. Agar komputer yang rakit dapat menghasilkan performa yang kita inginkan. Konsultasikan hardware-hardware apa saja yang akan kalian gunakan kepada orang yang lebih paham dibidang komputer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »