3 Kelebihan SSD dibandingkan HDD

Penyimpanan dalam sebuah komputer menjadi hal yang harus sangat diperthatikan. Karena jika kita salah memilih atau menggunakannya maka fatal akibat yang kita dapatkan kedepannya. Dalam sebuah komputer biasanya hardware tersebut disebut Hard Drive. Sebenarnya dalam dunia kompter, alat penyimpanan tidak hanya Hard Drive. Melainkan masih banyak alat penyimpanan lainnya seperti DVD R, DVD RW, Flash Disk, dan SSD. Dari kelima yang saya sebutkan, saya akan menjelaskan dua saja. Yaitu SSD ( Solid State Drive ) dan HDD ( Hard Drive ).


Apasih kelebihan SSD dibandingkan dengan HDD ? . Hal itu biasanya sering diutarakan oleh orang-orang yang ingin merakit sebuah komputer. Dalam artikel ini akan saya bahas hal tersebut agar kalian para pembaca dapat menentukan penyimpanan apa yang akan kalian beli sebelum merakit komputer. Kelebihan SSD itu adalah

1. Keawetan dan Ketahanan
Dibandingkan Hard Drive, SSD lebih awet dan tahan dibandingkan dengan Hard Drive. Karena SSD menggunakan sistem yang hampir sama seperti flash disk. SSD tidak menggunakan piringan yang beresiko tergores apabila miring ataupun jatuh. Jadi untuk penyimpanan yang lumayan lama disarankan untuk menggunakan SSD dibanding Hard Drive.

2. Kecepatan
SSD memiliki kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan Hard Drive. Saat membaca sebuah file ataupun memindahkan file bahkan menjalankan sebuah file. Itu karena SSD tidak menggunakan piringan yang harus berputar terlebih dahulu untuk membaca file tersebut. Sistem kerja SSD yang hampir sama seperti flash disk itu lah yang membuat SSD lebih cepat

3. Ukuran
Dari segi ukuran, SSD lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan Hard Drive. Itu karena didalam SSD hanya ada chip-chip seperti didalam flash disk. Sedangkan didalam Hard Drive terdapat piringan besar yang berguna untuk menyimpan dan membaca sebuah data yang tersimpan didalam Hard Drive.


Dari segi harga, SSD mungkin lebih mahal dibandingkan dengan Hard Drive. Jika biasanya kalian membeli satu buah Hard Drive 1TB maka jika kalian membeli SSD yang kalian dapatkan hanya sekitar 120GB saja. 1TB HDD = 120GB SSD. Tetapi menurut saya hal itu sepadan dengan harganya. Karena performa dan ketahanan yang diberikan lebih baik dibandingkan dengan Hard Drive.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »